Lirik Lagu Gaya Hidup
Jumat, 03 Februari 2012 | 20.07 | 0 Comments

Siklus Atkinson dan Injeksi Langsung untuk All-New Lexus GS450h

Siklus Atkinson dan Injeksi Langsung untuk All-New Lexus GS450h Toyota City,  Agar konsumsi bahan bakar Lexus GS450h (HEV: Hybrid Electric Vehicle) yang akan diluncurkan 19 Maret mendatang di Jepang makin irit lagi, Toyota mengaplikasi  beberapa teknologi baru. Khusus untuk mesin - seperti Prius - ditambahkan siklus Atkinson. Sedangkan untuk pasokan bahan bakar, digunakan sistem injeksi langsung.

Hasilnya, mobil bermesin 3.500 cc ini konsumsi bensinnya diklaim 18,2 km per liter (kpl). Malah kalau tes diukur dengan metode tes 10-15 Jepang, hasilmya lebih irit lagi, yaitu 20,5 kpl.   

40 Lebih Irit

Menurut Lexus, konsumsi bahan bakar mesin V-6 dari GS450h lebih irit 45 persen dibandingkan model sebelumnya berkat aplikasi beberapa teknologi baru yang disebutkian di atas dan perbaikan pada beberapa komponen mesin. Misalnya, penerapan sistem D-4S, teknologi injeksi langsung dengan tekanan yang lebih.

Untuk mendapatkan tekanan semprotan yang makin tinggi, diameter nosel diperkecil. Bentuk semprotan bensin di ruang bakar berubah dari garpu menjadi kipas. Udara dan bahan bakar makin mudah dan padu. Hasilnya, proses pembakaran berlangsung  dengan mudah.

Mesin Bensin 
Selain menggunakan sistem injeksi langsung, bentuk ruang bakar dan sistem pendingin juga ditingkatkan kinerjanya. Untuk perbandingan kompresi mesin dinaikkan dari 11,8 menjadi 13.0:1 tanpa menimbulkan gejala menembak (knocking). Mesin pun menghasilkan tenaga 217 kW @6.000 rpm dan torsi 356 Nm @4.500 rpm.

Sistem hibrida HS450h dibuat dengan menggabungkan dua motor,  gigi planet dan mekanisme deselerasi dua kecepatan .  

Motor Listrik

Tenaga dan torsi yang dihasillkan motor listrik 47 kW dan 275 Nm. Dengan ini pula, bila kedua penggerak digabungkan, tenaga Lexus GS450h menjadi 256 kW.

Dijelaskan pula, koverter DC-DC  mobil ini tidak lagi ditempatkan di bagasi, tetapi dipindahkan ke ruang mesin. Hal tersebut bisa dilakukan karena ukurannya  lebih kecil kendati dilengkapi dengan sistem pendingin air.   

Untuk mengendarainya, GS450h  dilengkapi empat pilihan mode, yaitu  ECO, Normal, SportS dan Sport S+. Untuk mendapatkan kondisi yang disebutkah terakhir, tegangan atau voltase dari baterai ke motor dinaikkan dari 500 volt menjadi 650 volt.

Teknologi  baru lainnya adalah lampu depan Hi/Lo atau untuk jarak dekat dan jauh jenis LED. Teknologi yang sama juga digunakan untuk lampu belakang dengan desain L yang merupakan simbol dari Lexus.  

Dengan tambahan semua teknologi tersebut, membuat Lexus GS450h baru ini harus dijual dengan harga 8 juta yen atau hampir satu miliar rupiah di Jepang.

Source:kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright Google Summary © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.