Lirik Lagu Gaya Hidup
Jumat, 27 Januari 2012 | 08.23 | 0 Comments

Kendaraan Roda Tiga Berbahanbakar Hidrogen


Sosok HyAlpha menggebrak India


Delhi, Donia Otomotif - Meski mata industri otomotif saat ini berpaling ke Detroit Auto Show 2012, pameran otomotif terbesar di India, Delhi Auto Show masih memunculkan berita menarik. Terakhir, Mahindra & Mahindra meluncurkan HyAlpha, kendaraan tiga roda berbahanbakar hidrogen dan diklaim pertama di dunia. 
 
Kendaraan tiga roda ini hasil kerja sama beberapa pihak. Untuk pengembangan produk diperoleh dana 1 juta dolar AS dari salah satu organisasi PBB, yaitu United Nations Industrial Development Organization International Centre for Hydrogen Energy Technologies (UNIDO-ICHET) yang berbasis di Istanbul, Turki yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan penelitian India, Indian Institute of Technology, di Delhi (IITD).
 
Untuk produksi kendaraan ini, diserahkan kepada produsen otomotif lokal Mahindra&Mahindra. Dailporkan pula, persiapan infrastruktur telah mendapat dukungan dari Air Products Incorporated, perusahaan AS yang berbasis di Delhi. 
 
Pawan Goenka, Direktur Otomotif dan Peralatan Pertanian Mahindra&Mahindra menngatakan, "Meski inisiatif awalnya hanya mobilitas, Mahindra telah menargetkan  memproduksi kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. HyAlfa salah satu sarana untuk menunju ke sana," lanjut Pawan. Pada tahap awal dibuat 15 unit HyAlfa untuk melihat integrasi mesin, sistem penyimpanan bahan bakar, lokasi pengisian bahan bakar dan keamanannya. 
 
Konsep awal HyAlpha berasal dari DelHy 3-roda, yakni konsep kendaraan niaga paling populer di India dengan emisi gas buang terendah. DelHy 3-W dikembangkan oleh Institut Teknologi India, Delhi (IITD), merancang konverter khusus agar mesin bensin bisa mengonsumsi hidrogen.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright Google Summary © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.