Lirik Lagu Gaya Hidup
Senin, 23 Januari 2012 | 05.45 | 0 Comments

Smart Pikap Tak Butuh Bensin


Ruang pengemudi di desain aerodinamis dengan warna kuning

 Memenuhi selera orang Amerika

Menunjang kegiatan outdoor dan bisa bawa sepeda

Detroit, DuniaOtomotif17 - Pertengahan Desember tahun lalu pernah ditampilkan pikap dari Smart, tapi masih berupa sketsa. Nah, dalam event NAIAS di Detroit's Cobo Center, Detroit, tim Smart membawa konsep pikap tersebut dengan bintang tamu komedian Jon Lovitz.

Kenapa Smart memboyongnya ke Detroit, bukan ke India yang juga lagi berlangsung pameran kendaraan bermotor? Pertimbangannya, Amerika punya ikon kendaraan pikap yang besar suka jalan terbuka, pemandangan luas dan cinta kegiatan di luar ruangan (outdoor). Sekarang, di zaman harga bahan bakar terus membubung, kesadaran lingkungan meningkat dan padatnya kota-kota besar, tentu dibutuhkan kendaraan pikap yang kecil.

Smart menjadi merek yang menyodorkan konsep pikap. "Kami cinta pikap yang canggih. Dari luar tampak kecil, tapi di dalamnya cukup lega, sangat aman dan nyamannya luar biasar," ungkap CEO Smart Dr Annette Winkler saat memperkenalkan pikap mini. Dengan kendaraan ini, lanjutnya, pompa bensin tak perlu disinggahi.

Karena, pikap Smart ini digerakkan motor listrik bertenaga 75 HP dengan torsi 133Nm. Sumber tenaga dari baterai lithium-ion bertenaga 17,6 kW/jam, yang diklaim lebih baik dari Chevrolet Volt. Begitu juga baterainya ketika diisi dari 20 persen sampai 80 persen dalam waktu 3,5 jam. Jika sampai penuh memakan waktu 8 jam.

Meski bentuk kecil, tapi akselerasi 0-100 km/jam dicapai sekitar 5 detik. Dari hasil uji jalan, kecepatan maksimumnya 128 km/jam, bukan hasil yang buruk untuk mesin ramah lingkungan.
Smart siap diajak off-road karena jarak bodi terendah ke tanah (ground clearance) lebih tinggi 2 inci dari model ForTwo. Jarak pijak roda belakang mengesankan relatif kecil, namun begitu tutup bagasi dibuka akan menambah kapasitas lantai 11 inci. Bahkan dengan jarak sumbu roda 2.482 mm dan panjang 3.546 mm, pikap ini justru lebih panjang 3 meter dari versi standar ForTwo.

Mari melongok ke kabin. Desain ruang kemudi begitu aerodinamis dengan ventilasi interior yang luar biasa untuk dua jok. Sangat fungsional dan mudah melakukan penyesuaian. Bahkan sepeda bisa dibawa untuk kegiatan outdoor.
Keren...!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright Google Summary © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.